Sudah Amankah Pembalut Anda Dari Zat Dioxin?

Sebelum kearah yang lebih jauh mending kita bahas dulu apa itu pengertian zat dioksin ?

Dioxin adalah peristilahan generik untuk sekelompok bahan yang dicurigai sebagai penyebab kanker (lebih dikenal sebagai CARCINOGENS), merupakan bahan beracun yang kuat dan berbahaya terhadap manusia dan hewan serta resisten/kebal terhadap penguraian biologi


Dioksin merupakan senyawa pencemar lingkungan yang digunakan untuk mengurai sesuatu dan akhirnya Dioksin menjadi bahan pertimbangan dunia karena semua masalah yang ditumbulkan dari zat yang bernama Dioksin ini,karena efek yang ditimbulkan oleh pemaparan zat dioksin yang terkandung dalam suatu bahan yang ber-interaksi langsung dengan organ tubuh .

Setelah zat dioksin masuk kedalam tubuh maka akan langsung diserap oleh lemak yang berada dalam tubuh kita,yang dikarenakan oleh stabilitas kimia yang terkandung dalam zat dioksin tersebut,nama kimia untuk dioksin adalah: 2,3,7,8 – tetrachlorodibenzo para dioksin (TCDD).Nama “dioksin” sering digunakan untuk keluarga poliklorinasi dibenzo dioksin (PCDDs) dan poliklorinasi dibenzofurans (PCDFs) yang memiliki kemiripan struktur kimia. Dioksin tertentu seperti polychlorinated biphenyls (PCB) dengan sifat racun serupa juga termasuk dalam istilah”dioksin”. Ada 419 jenis senyawa sejenis dioksin yang telah diidentifikasi, tetapi hanya sekitar 30 di antaranya yang dianggap memiliki toksisitas yang signifikan, dimana TCDD adalah yang paling beracun.

Dioxin adalah sebutan umum bagi senyawa-senyawa kimia yang ditemukan di lingkungan dimana senyawa yang mudah bereaksi ini dihasilkan dari industri yang menggunakan bahan baku yang mengandung chlorine dan carbon

Apa Hubungan Zat dioksin Dengan Pembalut?

Pembalut yang beredar di pasaran umumnya berbahan katun, rayon, atau campuran rayon dan kapas. Rayon terbuat dari serat selulosa yang berasal dari pulp kayu. Nah, untuk mendapatkan bahan baku rayon untuk tampon dan pembalut ini, umumnya perlu dilakukan proses pemutihan pulp kayu (bleaching) dan pemurnian dulu dalam pembuatannya.

Beberapa cara pemutihan bahan pembalut :

1. Pemutihan memakai gas klorin.

Proses ini dapat menghasilkan dioksinsebagai produk sampingannya, hal ini digunakan untuk bahan baku rayon buat pembalut umum, dan masih memerlukan  beberapa proses berikutnya untuk menghilangkan dioksin, di Amerika, proses ini tidak boleh lagi digunakan oleh produsen pembalut wanita atau tampon dan sanitary napkins lainnya.

2. Pemutihan yang bebas elemen klorin.

Pemutihan ini tidak menggunakan gas klorin, tetapi menggunakan hidrogen peroksida. Proses ini tidak menghasilkan dioksin sebagai kontaminan, sehingga sering pula disebut proses pemutihan bebas dioksin.

Apa efek Zat Dioksin Buat Tubuh ?

Paparan jangka pendek dioksin kadar tinggi pada manusia dapat mengakibatkan lesi kulit, seperti chloracne (sejenis jerawat akibat paparan senyawa halogen, termasuk dioksin) dan penggelapan warna kulit, dan gangguan fungsi hati.

Sedangkan paparan jangka panjang menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh, perkembangan sistem saraf, sistem endokrin dan fungsi reproduksi. Paparan kronis dioksin pada hewan telah mengakibatkan beberapa jenis kanker. TCDD dievaluasi oleh Badan Internasional untuk Riset Kanker (IARC) WHO  pada tahun 1997, Berdasarkan data hewan dan pada data epidemiologi manusia, TCDD diklasifikasikan oleh IARC sebagai “karsinogen bagi manusia”

Jangan sampai gara-gara pembalut yang banyak diiklankan ditelevisi anda memicu gejala-gejala yang tidak di inginkan oleh tubuh wanita Indonesia.

Iklan

Ditandai:, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: